Dinamika Kreatifitas
Kreatifitas sebagai fenomena
dinamis artinya ada gerakan dan bergerak untuk mencari sebuah penyelesaian
terhadap masalah-masalah praktis. Atribusi kecepatan dan kemudahan menjadi
tujuan kreatifitas. Ditandai oleh sejumlah temuan yang saling melengkapi (complementary) maupun menggantikan (subtitute), “keramaian” kreatifitas
menandai masuknya era kreatifitas. Dinamika kreatifitas yang nampak jelas
terlihat merupakan perwujudan kreatifitas berorientasi pasar. Sejumlah temuan
begitu mudah dan cepat ditemui di pasar. Segera saja setelah itu temuan-temuan diproduksi
secara massal. Dinamika kreatifitas adalah dinamika pasar yang merefleksikan
ambisi manusia mengkonsumsi kebaruan (newness),
entah itu kebaruan melalui proses daur ulang (re-cycle) ide-ide lama maupun kebaruan melalui totalitas
kreatifitas sang creator yang
“reflektif”.